Yu Cari Tahu Jenis Cat Epoxy dan Kegunaannya

Beberapa dari Anda mungkin baru mendengar cat berjenis epoxy. Pada umumnya, Epoxy adalah salah satu jenis dari bahan kimia di mana kegunaannya sebagai bahan perekat, proses coating, hingga cat untuk beragam material.

Dari kegunaannya inilah, pada penerapan sehari-hari, Epoxy sering kali dicampurkan dengan bahan bersifat pengeras atau lebih sering dikenal dengan hardener. Tujuannya, agar sifat cair pada epoxy dapat berubah menjadi padat sehingga menjadi semakin kuat, baik terhadap suhu tinggi ataupun reaksi kimia.

Campuran tersebutlah yang membuat Epoxy memiliki ketahanan yang begitu kuat dan diaplikasikan pada banyak material. Misalnya pada logam, kayu, plastik, kaca hingga lantai epoxy sekalipun.

Jenis Cat Epoxy

4 Jenis Cat Epoxy dan Kegunaannya

Saat ini, cat epoxy amat banyak digunakan untuk beragam jenis lantai. Hal ini sudah menjadi tren karena menyesuaikan kebutuhan untuk hunian, perkantoran, ataupun perumahan. Berkat ketahanannya, lantai yang dilapisi cat epoxy akan tahan terhadap goresan, retakan, ataupun kerusakan lainnya,

Selain itu, harga epoxy terbilang terjangkau dan memiliki ragam jenisnya. Apa saja jenis cat epoxy? Berikut beberapa di antaranya.

1. Epoxy Floor Coating

Jenis epoxy floor coating ini sebenarnya adalah bentuk kombinasi dari epoxy resin yang kemudian ditambah reaksi polymer. Polymer sendiri merupakan sebuah unsur kimia dengan kelebihan dapat menempel erat pada keramik, beton, metal, ataupun kayu. Nah, dengan demikian lantai epoxy ini sangat cocok diterapkan pada lantai-lantai di rumah sakit, pabrik, supermarket, farmasi, industri makanan dan industri-industri lainnya.

Dengan menggunakan jenis lantai epoxy ini  akan tampak jauh lebih indah, mudah dibersihkan, lebih kokoh dan terhindar dari benturan. Maka dari itulah, kegunaannya amat cocok untuk tempat-tempat umum yang banyak dikunjungi orang.

2. Epoxy Mortar

Anda perlu tahu bahwa cat epoxy jenis ini mengandung unsur waterproofing. Artinya, lantai dengan menggunakan jenis epoxy mortar akan jauh lebih aman terhindar dari kerusakan atau bolong akibat pengikisan genangan air. Selain itu, epoxy mortar juga berguna sebagai lapisan perbaikan dan lapisan penyambungan dari permukaan beton yang retak. Beton yang rapuh pun tidak akan menjadi masalah, karena epoxy jenis ini berfungsi sebagai lapisan acian pula.

Sebuah usaha yang baik untuk mendapatkan hasil lantai yang bagus dengan harga epoxy yang masih bisa Anda jangkau.

3. Epoxy Primer

Jenis cat epoxy ini cukup sering diaplikasikan pada lantai kerja. Hal ini karena penyusunannya yang terdiri dari dua komponen pendukung, di antaranya epoxy clear dan hardener. Ketika dua komponen ini disatukan menjadi lantai epoxy maka beton akan terikat dengan lantai dan membuatnya semakin kuat.

Kegunaan lain dari jenis cat epoxy ini adalah sebagai lapisan finishing, baik itu pada permukaan besi ataupun kayu. Bila diaplikasikan pada besi, epoxy primer dapat mencegah terjadinya perkaratan. Bila diaplikasikan pada kayu, maka jenis ini juga berguna untuk lapisan pencegah bocor.

4. Dempul Epoxy (Body Coat)

Jenis epoxy ini punya peran penting dalam perbaikan. Dempul epoxy dapat menutup pori-pori, lubang, dan keretakan yang muncul. Oleh karena itu, selain biasa digunakan pada lantai pabrik, jenis ini juga digunakan pada dinding, kapal, sealent beton untuk keperluan sanitari, dan lain sebagainya yang berkonstruksi baja.

Selain itu, dempul epoxy juga memiliki ketahanan terhadap panas. Wah, dengan ragam fungsinya tersebut kira-kira harga epoxy ini berapa ya?

Di atas semua itu, menggunakan cat epoxy pada lantai membawa keuntungan tersendiri bagi Anda. Berbagai permasalahan pada lantai yang umumnya terjadi pada banyak orang, dapat diminalisir dengan jenis cat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *