Tralis Merusak Estetika? Pelajari Kenapa Dan Kapan Harus Menggunakan Tralis

Sebagai faktor keamanan rumah, tralis kerap kali menjadi perdebatan. Di satu sisi fungsi tralis yang berguna untuk meningkatkan keamanan rumah, namun di sisi lain tralis juga dinilai merusak estetika rumah. Serta tidak semua jenis pintu bisa disandingkan dengan tralis, misalnya pintu geser kaca. Sebab kaca yang dipilih untuk menampilkan sisi estetik rumah, namun karena keberadaan tralis sehingga fungsi kaca tidak bisa bekerja secara maksimal. Namun demikian, tetap perlu mempertimbangkan penggunaan tralis di rumah. Terlebih lagi tralis tidak hanya sebatas dipasang sebagai pelengkap pintu saja. Melainkan juga dipasang di jendela atau di tangga.

Ikuti Tips Ini Untuk Mempertimbangkan Memasang Tralis

Di balik penilaian tralis yang menggugurkan nilai estetika suatu ruangan, terdapat banyak sekali manfaat dari tralis. Mulai dari mencegah tindak kriminal dari luar, keamanan para penghuni yang memiliki anak balita, juga bagi mereka yang tinggal di lingkungan terbuka di mana alam masih sangat kental dan menyatu. Pada lingkungan yang demikian, menggunakan pintu kaca geser akan membuat tampilan rumah semakin apik. Namun kerap kali membuat was-was pula sebab isi rumah terlalu kelihatan. Maka tralis bisa digunakan untuk menjaga privasi. Dengan menggunakan motif tralis yang ciamik, kamu tidak akan berpikiran lagi bahwa tralis hanya akan membuat rumahmu terlihat buruk. Justru sebaliknya, tralis bisa menjadi elemen pelengkap dekorasi rumah. Namun pertanyaannya adalah apakah tralis sangat urgent untuk dipasang? Anda bisa mempertimbangkan penggunaan tralis pada saat-saat seperti berikut ini.

1. Naiknya Resiko Tindak Kriminal

Sebenarnya, penggunaan tralis di rumah perlu Anda pertimbangkan sejak awal Anda membangun rumah. Sebab pemasangannya yang harus didahulukan. Di samping itu, faktor keamanan digunakan dengan prinsip tindakan preventif dimana lebih baik mencegah daripada menanggulangi. Apakah Anda harus memasang tralis setelah rumah Anda dibobol maling? Tentu, siapa yang mau hal tersebut terjadi. Maka dari itu sebagai langkah pencegahan ada baiknya Anda memasang tralis baik saat resiko tindak kriminal di sekitar lingkungan rumah Anda sedang naik tinggi atau pun saat sedang terlihat aman-aman saja. Sebab tindak kriminal bisa terjadi karena adanya celah dan kesempatan. Maka jangan berikan celah itu barang sedikit pun.

Baca juga: Apa Sih Bedanya Interior Vintage dan Interior Retro?

2. Memiliki Anak Kecil

Waktu terbaik kedua adalah ketika Anda memiliki anak-anak yang masih kecil. Jika hendak menuruti keinginan mereka, maka mereka akan selalu ingin bermain di luar. Namun sebagai orang tua Anda akan menyortir tempat bermain dan waktu bermain untuk mereka. Jika sewaktu-waktu mereka berlarian ke rumah dengan kondisi pintu yang terbuka, maka akan mengundang bahaya tersendiri bagi anak. Anda tidak akan tahu kapan motor dan mobil akan berseliweran di depan rumah Anda. Untuk itu, agar anak tetap bisa melihat keluar rumah sambil bermain di ruang tamu serta Anda tetap bisa merasakan udara segar dan pencahayaan alami tanpa harus khawatir anak berkeluyuran, Anda bisa gunakan tralis pada pintu rumah Anda. Bagi Anda yang memiliki pintu kaca geser tralis adalah keamanan dobel agar anak tidak mudah keluar hanya dengan menggeser pintu saja. Selain pada pintu, Anda juga bisa memasang tralis pada jendela rumah Anda. Selain faktor keamanan, tralis dengan berbagai motif yang bisa Anda pilih bisa memberikan privasi ruangan yang jendelanya Anda biarkan terbuka.

3. Hunian Bertingkat Dan Binatang Buas

Kalau di daerah Jepang masih banyak menggunakan konsep pintu kaca geser, maka lain halnya di beberapa daerah di Indonesia. Biasanya di daerah Sumatera menghindari penggunaan pintu geser. Sebab termasuk kawasan dengan daerah, di mana hutan dan pepohonan masih tumbuh subur, maka tidak heran kalau sering kali binatang-binatang liar mengikuti pandangan Anda. Akan banyak ditemui hunian bertingkat dimana bagian bawahnya sengaja dikosongkan, sehingga bagian yang aktif dihuni adalah di lantai dua. Rumah panggung yang demikian sengaja dibuat untuk menghindari serangan binatang buas yang sewaktu-waktu mengancam penduduk sekitar. Maka dari itu, untuk menghindari hewan yang masuk ke dalam rumah serta menghindari resiko rumah panggung yang bertingkat, tralis bisa sangat berguna sebagai faktor keamanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *