Tips Merawat Lantai Kayu Supaya Awet Dan Selalu Indah

Saat ini masyarakat memiliki kebebasan dalam menentukan segala hal, termasuk semua hal yang berhubungan dengan rumah beserta lantainya. Bahkan mereka kebanyakan bosan dengan penggunaan lantai menggunakan ubin maupun keramik karena saat ini terdapat lantai kayu parket sebagai alternatif pengganti. Penggunaannya juga memberikan kesan modern dan klasik di rumah, apalagi keberadaannya memiliki beragam kelebihan yang membuat masyarakat mantap menjadikannya primadona.

Hal itu karena saat diaplikasikan untuk rumah, memberikan kesan alami dan natural. Tentunya hal itu membuat pemilik rumah betah di rumah dan melepas lelah selama bekerja. Pastinya membuat kehangatan keluarga tercipta karena baik orang tua maupun anak-anak menyukai tampilan rumah yang modern.

Cara Merawat Lantai Kayu Agar Tetap Awet

Tips Merawat Lantai Kayu

Pastinya setiap orang ingin rumahnya terjaga kebersihannya dan segala perabotan di dalam rumah. Untuk itulah lantai parket adalah solusi tepat membuat rumah selalu nyaman dan memberikan kesan hangat bagi pemilik rumah. Apalagi perawatannya juga mudah dilakukan dan tidak memerlukan banyak waktu, sejatinya penggunaannya juga dapat diaplikasikan pada interior maupun eksterior rumah.

Untuk itu dibawah ini ada cara tepat merawat flooring agar tetap berkualitas, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Obat Pel Yang Ramah Lingkungan

Cara pertama yang wajib dilakukan dalam perawatan adalah membersihkannya agar bebas dari kuman dan bakteri. Sama halnya dengan merawat lantai kayu parket, wajib mengepelnya minimal 2 kali sehari agar tetap terjaga kebersihannya. Selain itu dalam menggunakan obat pel, usahakan yang ramah lingkungan dan memiliki keharuman yang enak agar keluarga tetap nyaman dan aman di dalam rumah walaupun tengah di pel, apalagi pengunaan bahan kimia yang berlebih dapat merusak coating.

2. Memberikan Perawatan Sederhana

Maksudnya memberikan perawatan sederhana adalah menjaga kebersihan seperti menyapu secara rutin setiap hari, menjaga kelembaban lantai. Misalnya saat terkena air maka segera mengeringkannya agar tidak membengkak dan cepat rusak. Selain itu wajib ada furniture tambahan yang menempel secara langsung seperti meja, kursi, lemari dan lain-lain. Bahkan usahakan saat tatkala memindahkan perabotan wajib mengangkatnya agar tidak membuat lecet.

3. Menggunakan Mesin Scrubber

Perawatan menggunakan mesin scrubber adalah perawatan tatkala lantai kayu parket sudah diaplikasikan selama bertahun-tahun Dimana cara kerja mesin tersebut adalah menyemprotkan cairan dan terdapat sikat-sikat halus yang berguna untuk membersihkan permukaan flooring.

4. Tatkala Bosan Sudah Bertahun-tahun Dapat Ubah Atau Diaplikasikan

Kelebihan dari lantai kayu jati adalah dapat memuaskan konsumen dan membuat tampilan rumah selalu modern dan unik. Hal itu karena saat coating sudah memudar atau pemilik rumah bosan dengan motif dan ingin menggantinya, maka lapisan terluar flooring dapat dikuliti dan diganti dengan coating yang baru. Cara kerjanya menggunakan mesin bertugas menghilangkan lapisan terluar dan menggantinya dengan yang baru.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat Pada Keluarga

Siapa sangka, menerapkan gaya hidup sehat dan bersih berperan penting agar flooring tetap awet dan berkualitas. Hal itu karena kebersihan dan daya tahan suatu perabotan yang ada di rumah tergantung dari kebiasaan dan pola hidup pemilik rumah dan keluarganya. Apalagi dengan menerapkan pola hidup sehat, keluarga akan terbebas dari kuman dan bakteri. Pastinya membuat keluarga selalu sehat.

Lantai kayu jati memang menjadi trend yang modern dan unik. Apalagi kayu jati memiliki kualitas yang mumpuni dan dapat digunakan untuk pembuatan furniture dan lain-lain. Tak heran keberadaannya mampu mendokrak popularitasdan dapat bersaing dengan jenis lantai lainnya. Untuk itu ke 5 cara perawatan diatas dapat dijadikan acuan agar tampilan rumah tetap modern dan berkelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *