Solusi Cerdas Atasi Masalah Plafon Rusak Tanpa Masalah

Berbicara masalah interior ruangan pasti tak cukup jika hanya membahas tentang perabot yang akan digunakan, beberapa detail hingga interior atap pun turut jadi pertimbangan. Salah satunya adalah penggunaan plafon yang saat ini banyak sekali ditemui pada setiap bangunan modern. Entah itu rumah pribadi, gedung perkantoran swasta hingga instansi pemerintah.

Solusi plafon rusak dengan material GRC

Plafon merupakan langit-langit pembatas antara ruangan dengan atap. Dengan menggunakan plafon ruangan terlihat lebih bersih dan rapi, sebab kerangka atap tidak terlihat. Tak cukup sampai di situ, plafon juga berfungsi mencegah debu dan kotoran dari atap masuk ke dalam ruangan. Selain itu menggunakan plafon juga cukup membantu untuk meredam suara berisik dari luar.

Material plafon sendiri cukup beragam, mulai dari plafon kayu, plafon gypsum, plafon grc, dan masih banyak lagi. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Setiap benda pasti memiliki masa pakai, begitu pula dengan plafon. Akan ada saatnya anda harus mengganti plafon dengan yang baru. Namun anda juga harus mengenali beberapa faktor yang menyebabkan plafon cepat rusak.

Solusi paling ampuh untuk mengatasi plafon rusak adalah dengan cara menggantinya. Pilihlah material yang terpercaya dan tahan dengan lingkungan. Plafon berbahan grc contohnya, terbukti sangat kuat, tidak mudah retak dan patah pada tekanan dan tarikan tertentu, yang paling penting adalah anti air dan api. Penyebab utama plafon cepat rusak adalah karena tidak kedap air.

Ketika hujan kelembaban menjadi meningkat terutama jika intensitas hujan tinggi. Genteng bocor merupakan masalah klasik ketika musim hujan. Air yang masuk jatuh langsung ke atas permukaan plafon. Jika dibiarkan terus menerus plafon yang tak kedap air menjadi mudah berjamur dan lapuk.

Hal ini tidak berlaku pada plafon grc, sebab material yang terbuat dari bahan-bahan berkualitas menjadikannya sangat tangguh ketika berhadapan dengan air. Walaupun sering terkena tetesan air, palfon satu ini mampu bertahan terhadap jamur dan lapuk. Sehingga masa pakainya bisa jauh lebih lama dibandingkan material lain seperti kayu dan gypsum.

Semakin lama masa pakai benda semakin hemat pula biaya renovasi anda. Masalah lain yang sering menimpa plafon adalah plafon jebol. Selain karena lapuk terkena air, plafon jebol juga bisa terjadi karena adanya tekanan atau benturan keras di atasnya, contohnya ada kucing dan tikus yang bermain di atas atap kemudian jatuh menimpa plafon.

Jika material plafon rapuh sudah pasti akan jebol. Lubang yang terbentuk sangat menganggu pemandangan. Di sini plafon grc dapat menjadi solusi sekaligus pilihan yang cerdas. Jangan tunggu kejadian, segera gunakan grc berbarengan ketika proses pembangunan berlangsung. Material GRC memiliki banyak variasi ketebalan yang bisa anda pilih. Semakin tebal tentu semakin kuat pula dalam menahan gaya tarik dan tekan.

Masalah lain yang sering menimpa plafon adalah plafon melengkung yang menyebabkan sambungannya menjadi retak. Penyebabnya bisa karena kesalahan dalam pemasangannya di awal, struktur plafon, atau air. Menggunakan plafon grc bisa meminimalisir masalah tersebut, sebab materialnya yang fleksibel dan ringan sangat mudah dalam proses pemasangannya. Sedangkan untuk bagian sambungan anda bisa mendempulnya menggunakan semen khusus. Jika sambungan terlihat mulai retak anda bisa langsung memperbaikinya sendiri tanpa harus memanggil tenaga profesional.

Plafon yang rusak tak boleh dibiarkan begitu saja. Apalagi yang sudah lapuk. Sebab bisa jebol kapan saja dan sangat berbahaya bagi orang yang berada di bawahnya. Untuk itu sebelum menggunakan plafon pastikan memilih material yang baik. Tak cukup hanya cantik namun harus kuat, dan tahan lama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *