Peralatan-Peralatan Wajib yang Harus Dimiliki Jasa Pasang Plafon

Plafon adalah bagian langit-langit sebuah bangunan. Penggunaan plafon memiliki berbagai manfaat seperti menambah keindahan serta kenyamanan pemilik rumah. Dalam perkembangannya, banyak bermunculan berbagai jenis plafon bangunan. Salah satu jenis plafon yang banyak digunakan adalah plafon jenis akustik. Plafon akustik merupakan jenis plafon yang mampu meredam suara bising. Plafon jenis ini cocok digunakan di ruangan-ruangan yang bising agar tidak mengganggu ruangan lain. Untuk memasang plafon jenis ini, para pekerja memerlukan berbagai peralatan agar pekerjaan dapat berjalan dengan baik.

Perlengkapan untuk Memasang Plafon

Berikut ini beberapa perlengkapan yang digunakan dalam proses pemasangan plafon.

Stager

Stager

Stager atau biasa dikenal dengan tangga merupakan perlengkapan yang wajib ada. Plafon merupakan bagian bangunan yang posisinya berada diatas. Plafon juga biasa dikenal dengan langit-langit. Proses pemasangan benda ini tentu membutuhkan tangga agar dapat menjangkau bagian atas atap.

Sangat mustahil proses pemasangan plafon tidak memerlukan stager. Stager sangat membantu para tukang dalam proses pemasangan plafon. Penyedia jasa pasang plafon akustik juga memanfaatkan stager dalam proses pengerjaan.

Bor

Peralatan Jasa Plafon

Memasang plafon yang modern adalah di bor. Plafon tidak dipasang dengan cara dipaku. Memaku plafon merupakan pekerjaan yang aneh dan tidak masuk dalam standar. Plafon biasanya dikaitkan dengan cara di bor. Tersedia beberapa baut yang dapat digunakan dalam proses pemasangan.

Meteran

Pada saat pemasangan plafon dibutuhkan alat ukur yang sesuai. Alat ukur berfungsi menyesuaikan ukuran agar terpasang dengan baik dan rapi. Alat ukur yang biasa digunakan adalah meteran. Meteran menjadi alat bangunan wajib yang dimiliki oleh hamper semua tukang. Tidak hanya pada pemasangan plafon, meteran juga sering digunakan dalam kegiatan bangunan yang lain.

Pinsil

Tidak hanya anak sekolahan yang butuh pensil. Para tukang bangunan juga memerlukan alat yang satu ini. Pensil berguna bagi para tukang bangunan sebagai alat bantu memberi tanda pada beberapa bagian bahan bangunan. Sama halnya dengan plafon akustik, pinsil dimanfaatkan untuk memberi tanda pada bagian yang akan dipotong.

Gergaji List

Gergaji list berguna untuk memotong beberapa bagian plafon. Gergaji list biasanya digunakan untuk memotong plafon gypsum. Proses pemotongan berguna biasanya bertujuan untuk pembuatan lubang lampu dan sejenisnya.

Pada beberapa pekerjaan, gergaji list sangat jarang digunakan. Plafon biasanya sudah memiliki ukuran yang disesuaikan dengan ukuran atap. Jadi penggunaan gergaji sangat minim jika tidak ada kegiatan seperti pembuatan lubang dan sejenisnya.

Meskipun penggunaan gergaji sangat minim, peralatan ini tetap harus ada untuk berjaga-jaga. Jangan sampai kita kebingungan mencari peralatan ketika sedang bekerja. Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi terhambat dan tidak berjalan dengan baik.

Perlengkapan-perlengkapan yang digunakan untuk pemasangan plafon sebenarnya hampir sama  dengan peralatan tukang bangunan pada umumnya. Bor merupakan salah satu peralatan yang sangat dibutuhkan dalam pemasangan plafon. Pemasangan plafon biasanya memanfaatkan baut. Baut ini bisa dipasang dengan alat bantu bor. Sebaiknya beberapa perlengkapan lain juga disiapkan agar membantu proses pekerjaan dengan lebih cepat dan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *