Mengupas Tuntas Fungsi dan Kegunaan Besi UNP

Dari berbagai jenis besi untuk konstruksi besi UNP merupakan salah satu yang kokoh dan kuat, makanya banyak dipakai untuk berbagai kebutuhan pembangunan. Arsitek handal pastinya sangat kenal karakteristik besi, yang juga dikenal dengan sebutan kanal U ini. Penasaran apa saja fungsi dan kegunaan dari besi ini?

Fungsi dan Kegunaan Besi UNP

Fungsi Besi UNP

Besi yang berbentuk huruf U ini memiliki banyak ukuran, baik panjang, lebar maupun ketebalannya. Tapi pada umumnya memiliki fungsi seperti:

1. Penutup Atap

Saat membuat konstruksi atap, besi ini akan ditempatkan sebagai penutup atap bagian atas. Karena mampu melindungi material lain akibat kekuatan dan bentuk U yang dimilikinya. Jadi boleh dibilang ketika atap menggunakan penutup pakai besi U, maka kekuatannya akan lebih maksimal termasuk ketahanan terhadap goncangan dan benturan tak terduga.

Bisa dipakai untuk berbagai jenis atap terutama yang menggunakan seng, kaca, hingga genteng beton yang biasanya digunakan pada gudang penyimpanan khusus. Tapi memang harga besi UNP ini cukup mahal apalagi kalau memilih ketebalan maksimal, sebab kekuatannya paling maksimal dan bisa membuat atap tahan hingga puluhan tahun.

2. Penopang Jembatan Kecil

Kalau Anda pernah menyusuri jembatan betol kecil yang digunakan untuk akses jalan utama di pedesaan atau kota kecil, disitulah besi ini digunakan. Karena cengkramannya menopang beton,  juga material lain sebagai bagian utama jembatan sangat diakui. Makanya jembatan kecil yang pakai besi ini jarang mengalami kerusakan, kecuali terkena hantaman air kapasitas besar.

3. Memperkuat Saluran Air

Pembuatan saluran air yang panjang dan berada di bawah jalan utama, bisa memfungsikan besi ini untuk memperkokoh penutup atasnya. Jadi ketika ada kendaraan yang melintas, maka  saluran air tidak akan mudah bocor. Biasanya dipakai untuk saluran air drainase sawah, saluran air bersih masyarakat.

Kegunaan Besi UNP

Sedangkan kegunaan dari besi ini juga tak kalah hebatnya dibandingkan besi lain, makanya orang tak ragu untuk memanfaatkannya walau harus membayar dengan harga besi UNP yang cukup tinggi. Apa saja gunanya?

1. Penopang Dinding

Karena pemasangannya cukup mudah, maka banyak dinding bangunan yang dilapisi dengan besi ini. Terutama pada bangunan bertingkat, agar dinding bisa berdiri lebih kokoh setelah dipadukan dengan berbagai jenis material pembentuknya.

2. Purlin

Mirip dengan besi kanal C, besi ini juga digunakan untuk menggantikan purlin atau baja galvanis. Sebab dari segi keawetan boleh diuji dengan baja, apalagi bisa dipakai untuk kebutuhan pembangunan di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

3. Rangka Arsitektur Pelengkap Truss

Ketika Anda membuat rangka atap atau truss menggunakan baja ringan, di bagian-bagian sambungan bisa digunakan besi UNP. Sebab dia bisa menyatu dengan material baja secara sempurna. Hal itu tak lepas dari bentuk U dari besi ini, yang bisa disambung dengan baja berukuran sama atau lebih kecil.

4. Meminimalisir Pengeluaran Berlebih

Sejumlah arsitektur menilai penggunaan besi ini akan lebih hemat, ketimbang pakai besi jenis lain, karena keawetannya. Makanya ketika Anda menggunakannya, bisa meminimalisir pembelian material lain yang sejenis. Sebab tidak mudah rusak dan perawatan juga sangat mudah, terutama ketika diletakkan sebagai penutup atap.

Masih belum yakin dengan fungsi dan guna besi UNP ini? Sepertinya penjelasan di atas bisa membuat Anda makin paham, kalau menggunakannya bisa memberikan nilai lebih pada sebuah konstruksi. Apalagi kalau memilih produk yang berkualitas, dengan ukuran yang tepat, dan cara pemasangan yang akurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *