Langkah Terbaik dalam Membasmi Kutu Pada Karpet

Kutu merupakan sebuah hama yang nantinya dapat menggerogoti sejumlah bagian pada karpet ataupun kain. Untuk menyingkirkan kutu tentu bukan hal mudah karena kalian perlu melakukan proses panjang dan berkala. Namun kalian tetap dapat melakukannya sendiri, tanpa harus menggunakan jasa kebersihan. Ada beberapa ciri jika karpet terkena kutu. Contohnya seperti adanya lava dan butiran tinja. Untuk menjaga kualitas dan tampilan karpet tile di rumah, maka kalian harus sigap dalam menyingkirkan kutu karpet tersebut. Dengan begitu kutu tersebut pun tidak dapat datang lagi dan rumah akan lebih nyaman untuk dihuni.

Kutu Pada Karpet

3 langkah Tepat Mengusir Kutu Karpet

Tidak perlu bingung jika suatu saat kalian menemukan lava ataupun kutu yang menempel pada karpet lantai. Sekarang proses mengusir kutu pada karpet sudah semakin mudah dan cepat. Sehingga kalian tak perlu lagi menggunakan jasa khusus untuk membersihkannya. Kemudian apa saja hal yang perlu dilakukan agar kutu karpet menghilang dan tidak kembali lagi? berikut langkahnya:

1. Menyedot seluruh bagian karpet

Menyedot seluruh bagian karpet adalah cara terbaik dan cara cepat untuk membersihkan kutu beserta larvanya di karpet. Kalian harus mencari darimana sebenarnya sumber kutunya, kemudian sedot lah berkali-kali di sumber kutunya hingga bersih. Setelah selesai menyedot, kalian harus membuang wadah penyedotnya ke plastik, sehingga kutu dan larvanya tidak berkeliaran kembali. Penyedotan ini tidak hanya dilakukan 1 x saja, melainkan dilakukan rutin 1 kali sehari.

Untuk menyedot kutu, kalian cukup menggunakan vacuum cleaner. Sekarang alat tersebut telah dijual dengan ragam pilihan model ataupun harga. Banyaknya pilihan yang tersedia pastinya akan membuat kalian lebih leluasa ketika dalam memilihnya. Pastikan vacuum cleaner yang kalian gunakan tersebut memiliki daya sedot yang tinggi. Sehingga mampu menyedot seluruh kotoran yang menempel pada karpet hingga bersih alias tidak tersisa.

2. Cuci bagian pelapis karpetnya

Meskipun pelapis karpet jenis tile tidak terserang oleh kutu, namun kalian harus tetap mencucinya. Proses pencucian pelapis karpetnya sama seperti sedang mencuci pakaian. Kalian cukup mencucinya menggunakan detergen dan dimasukkan dalam mesin cuci. Selain itu aturlah suhu panasnya, sehingga kutu dan larvanya dapat mati. Mencuci pelapis karpet pun harus dilakukan rutin agar kutu tidak balik kembali. Kemudian kami pun menyarankan, dalam mencuci pelapis karpet gunakan lah air panas dan dicampurkan detergen.

3. Menyemprotkan insektisida

Ketika karpet tile sudah selesai dicuci dan juga dibersihkan, maka sekarang saatnya untuk menyemprotkan cairan insektisida ke permukaan karpetnya. Carilah cairan insektisida yang ampuh untuk membasmi kutu di karpet. Namun dalam menggunakan insektisida hendaknya berhati-hati, karena cairan tersebut hanya boleh disemprotkan pada area yang terdapat kutu serta larvanya. Selain itu kalian juga harus membatasi penyemprotan di area serpihan serat, contohnya bawa karpet atau tepi karpet. Saat menyemprotnya, kalian juga perlu menggunakan sarung tangan dan cucilah tangan setelahnya.

Sekian 3 langkah menghilangkan kutu pada karpet. Masing-masing langkah yang sudah kami jelaskan tentu mudah untuk dijalankan. Meski langkahnya sederhana, namun jika dilakukan rutin pasti kutu pun akan menghilang. Setelah kalian melakukan proses pembersihkan kutu, jangan lupa untuk menjaga keadaan kaarpetnya dengan baik. Sehingga tidak ada kutu yang tumbuh lagi di karpet tersebut. Kemudian jika sempat, kalian harus menjemurnya di bawah sinar matahari. Tujuan dari menjemur karpet tile yaitu, agar semua kutu beserta larvanya dapat mati secara tuntas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *