Ketahui Keunggulan dan Kelemahan Blower

Blower merupakan mesin yang digunakan untuk menaikkan atau memperbesar tekanan udara atau tekanan gas yang akan dialirkan pada suatu objek atau ruangan tertentu, juga sebagai mesin yang memvakum udara atau gas tertentu.

Mesin ini biasanya sering digunakan di indutri-industri besar. Di industri kimia, mesin ini digunakan sebagai persirkulasi gas-gas tertentu dalam suatu ruangan yang sedang melakukan proses kimiawi tertentu. Di insutri makanan, mesin ini digunakan untuk menghisap asap-asap yang dihasilkan oleh alat-alat masak.

Keunggulan dan Kelemahan Mesin Blower

Mesin blower memiliki keunggulan dan kelemahan dalam penggunaannya. Adapun keunggulan mesin ini adalah:

1. Menghisap dan memasukkan asap, udara dan gas tertentu ke dalam suatu ruangan sehingga ruangan tetap dalam kondisi yang diinginkan

2. Mengurangi polusi udara dalam ruangan

3. Mencegah terjadinya keracunan gas tertentu

Sedangkan kelemahan dari mesin ini di antaranya:

1. Tekanan tinggi

2. Membutuhkan aliran listrik yang tinggi

3. Jika mesinnya buruk, saat bekerja akan memunculkan hawa panas pada ruangan

4. Menimbulkan suara bising

Itulah keunggulan dan kelemahan dari mesin blower. Adapun harga mesin ini sangat variatif di pasaran tergantung spesifikasi daya hisap yang diinginkan.

Jenis-Jenis Mesin Blower

Mesin ini di pasaran banyak jenisnya tergantung kebutuhan. Adapun jenis-jenis mesin ini di antaranya:

1. Positive diplacement

Jenis ini adalah jenis yang memidahkan udara atau gas volume per volume. Jenis ini yang sering muncul di pasaran adalah vane blower yang dapat meindahkan fluida (gas dan udara) dalam kapasitas kecil serta fluida yang dipindahkannya haruslah bersih. Secara susunan mesin, jenis vane ini dibagi lagi menjadi dua yaitu slanding vane dan fleksibel fane.

2. Sentrifugal

Jenis yang ini adalah jenis yang dalam mesinnya dilengkapi dengan yang dipasang di poros mesin. Fungsi sudu-sudu ini akan memindahkan atau menghisap udara dan gas dengan arah horizontal. Arah penghisapan udara ini mungkin saja terlihat sepele, namun dalam industri-industri tertentu arah ini sangat penting karena akan melancarkan jalannya udara lebih cepat sehingga tidak ada gangguan apapun pada ruangan. secara susunan mesin, jenis blower ini terbagi ke dalam tiga yaitu forward curved blade, backward curved blade, dan radial blade.

Prinsip Kerja Blower

Prinsip kerja mesin ini tidaklah terlalu rumit. Konsepnya sama seperti pompa yang mendorong dan mengeluarkan gas/udara. Namun saat Anda mengoperasikannya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Saat Anda menstop mesin atau merestart mesin, pastikan Anda melakukan chek-in untuk mengurangi beban mesin. Hal ini akan membuat mesin tidak mudah rusak.

Selain itu, Anda juga sesekali harus memperhatikan temperatur dan jumlah oil pada mesin. Jangan sampai temperatur maupun jumlah oil melebihi kapasitas seharusnya karena itu akan merusak mesin. Sebaiknya Anda mematikan mesin terlebih dahulu jika temperatur atau jumlah oil pada mesin blower ada di angka yang tidak seharusnya.

Saat pemasangan mesin, pastikan Anda menggunakan jasa profesional yang sudah berpengalaman. Pastikan jasa pemasangan sudah mengerti betul sistem kerja mesin dan bagian-bagian mesin. Dengan seperti itu, tidak akan ada gangguan apapun yang terjadi pada mesin Anda.

Untuk mendapatkan harga terbaik dari mesin blower, Anda dapat mencari toko-toko yang tepat baik offline maupun online lalu bandingkan kualitas dan harganya. Pastikan Anda mendapat kualitas yang tepat dan harga semestinya. Hindarilah memasang sendiri jika Anda tidak memahami sistem kerja mesin ini.

 

Dapatkan harga mesin blower terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *