Cara Pemasangan Grass Block Sendiri di Rumah

Memiliki rumah yang asri dengan tanaman hijau menghiasi halaman depan rumah membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan terkesan lebih sehat karena jumlah debu serta polusi akan sedikit berkurang. Namun masih banyak orang beranggapan bahwa rumah yang asri hanya dapat diwujudkan saat kamu memiliki rumah dengan tanah yang cukup luas. Padahal kamu tetap bisa membuat rumah terkesan lebih hijau, sejuk, dan sehat walaupun memiliki pekarangan rumah yang sempit.

Saat ini memang banyak sekali perumahan yang dijual dengan luas tanah terbatas, sehingga untuk area hijau agak sedikit jumlahnya. Namun kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan grass block  atau paving rumput untuk menutupi halaman dan garasi rumah agar terlihat lebih hijau. Paving rumput memang hampir sama dengan paving block karena sama – sama dibuat dari campuran semen dan juga pasir, hanya saja pada paving rumput terdapat lubang yang membuat tanaman bisa tumbuh.

Cara Pasang Grass Block Sendiri

Sesuai namanya, lubang yang ada pada paving rumput ini menjadi tempat untuk tumbuhnya rumput. Tak hanya membuat halaman serta garasimu lebih hijau, paving rumput ini juga lebih tahan terhadap perubahan cuaca karena adanya lubang sebagai ruang udara, dan yang paling penting cara pemasangannya mudah serta harga grass block juga cukup terjangkau.

Mungkin banyak yang berpikiran bahwa memasang paving rumput ini lebih sulit dibandingkan paving block biasa, padahal proses pemasangannya lebih mudah dan cepat. Kamu juga tidak perlu menggunakan bantuan tukang untuk memasangnya karena kamu bisa mengerjakannya sendiri. Berikut ini panduan untuk memasang grass block sendiri di rumahmu:

  • Ratakan Kontur Tanah

Pertama kamu harus memastikan bahwa tanah yang akan dipasang grass block memiliki kontur yang rata, sebab kontur tanah yang bergelombang akan membuatnya lebih cepat mengalami keretakan. Untuk itu pastikan tanah sudah rata atau kamu bisa menggunakan stamper kuda sebelum proses pemasangan.

  • Susun Paving

Setelah tanah rata, kamu bisa menyusun paving dan pastikan tidak ada sampah atau kotoran pada bagian bawahnya. Setelah tersusun rapi, kamu bisa meratakan bagian sambungan antar paving rumput dengan menggunakan tanah sehingga susunannya menjadi lebih kuat.

  • Gunakan Kastin Beton dan Joint Filler

Kastin beton berfungsi untuk membuat paving tidak mudah bergeser, dan joint filler bisa membuat tampilannya lebih rapi karena celah – celah tertutupi abu atau batu – batuan kecil.

  • Masukkan Tanah dan Pupuk

Setelah semuanya terpasang, sekarang kamu bisa mencampur tanah dengan pupuk kompos dan memasukkannya pada lubang – lubang yang tersedia. Usahakan untuk mengisi tanah tidak terlalu banyak dan sisakan sekitar 2 – 3 cm agar rumput bisa tumbuh dengan baik.

  • Tanam Bibit Rumput

Setelah semua lubang terisi tanah, sekarang kamu bisa menanam bibit rumput di atasnya. Tanam bibit rumput dengan benar, tekan – tekan sampai rumput tertanam dengan baik di dalam tanah.

  • Perawatan Rumput

Agar rumput bisa tumbuh dengan baik, lakukan penyiraman dengan menggunakan air bersih secara rutin setiap dua kali sehari. Usahakan semua bagian rumput terkena air, tetapi jangan sampai rumput terendam air terlalu banyak karena bisa membuat rumput menjadi busuk.

Membuat halaman dan garasi rumah menjadi lebih hijau dengan menggunakan grass block memang dapat menghemat biaya. Selain harga grass block yang terjangkau, proses pemasangan yang cukup mudah juga bisa kamu lakukan sendiri sehingga tidak perlu membayar tukang untuk mengerjakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *