Penjelasan Cara Kerja Globe Valve

Valve atau yang umum dikenal dengan katup memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan cara penggunaannya maupun fungsinya. Jika selama ini kita banyak mengenal katup-katup sederhana seperti pada kamar mandi maupun kompor, kali ini kita akan membahas Globe Valve yang biasa digunakan dalam throttling service.

Jenis katup yang satu ini memang menarik untuk dipelajari. Apalagi terkait cara kerja yang dimilikinya serta keuntungan menggunakan katup jenis ini. Untuk lebih lengkapnya mengenai katup tersebut akan dibahas di bawah ini.

Apa Itu Globe Velve?

Hal yang pertama akan dibahas adalah mengenai apa itu Globe Velve? Jenis katup yang satu ini adalah katup yang biasa digunakan dalam cooling water system. Velve ini dianggap istimew karena memiliki kemampuan untuk melakukan throttling. Apa itu throttling? Adanya kemampuan throttling memungkinkan pengguna melakukan penutupan dan pembukaan aliran sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya saja ketika ingin membuat aliran menjadi lebih deras, maka dapat dilakukan dengan membuka penuh velve. Tak hanya dapat dibuka secara penuh, velve jenis ini juga dapat dibuka dengan ukuran lain yang sesuai kebutuhan.

Rincian Bagian Globe Valve

Ada banyak bagian yang terdapat dalam globe valve. Untuk lebih lengkapnya seputar bagian-bagian tersebut akan dijelaskan di bawah ini.

  • Body velve menjadi bagian utama yang akan di bahas di sini. Bagian menjadi bagian paling besar karena hampir mencakup seluruh dari velve.
  • Selanjutnya ada bonnet yang terdapat pada bagian atas dari velve. Bonnet sendiri merupakan sebuah bagian yang nantinya dapat dilepas, ketika akan mengganti bagian-bagian velve yang lainnya. Tak hanya menjadi bagian yang dapat dilepas, bonnet juga menjadi jalur steam sehingga ia dapat bergerak ke atas dan ke bawah.
  • Tadi sempat sedikit disinggung masalah steam, sebenarnya apa fungsi steam itu sendiri? Steam adalah bagian dengan bentuk batang berulir yang berfungsi untuk membuat velve dapat bergerak naik maupun turun. Di bagian ujung steam terdapat handweel yang serupa dengan stir mobil. Handweel sendiri digunakan untuk memutar velve tersebut.
  • Pada bagian velve terdapat disk yang berbentuk seperti piringan dan dapat bergerak naik turun. Ini nantinya menjadi bagian yang berfungsi untuk menutup velve.
  • Terakhir ada seat yang menjadi dudukan bagi disk ketika bergerak naik muapun turun. Letak dari seat sendiri adalah pada bagian dalam dari velve (body velve).

Bagaimana Prinsip Cara Kerja Globe Velve

Cara Kerja Globe Valve

Setelah mengetahui apa itu globe velve beserta bagian-bagiannya, selanjutnya kita akan membahas mengenai cara kerja dari velve jenis ini. Pada prinsipnya katup globe ini dirancang untuk dapat mengatur aliran yang terdapat dalam pipanya.

Dalam badan dari katup globe terdapat disk serta seat sebagai dudukannya. Seat tersebut berada pada bagian tengah pipa dengan posisi sejajar dengan pipa dengan disk sebagai penutupnya. Ketika pegangan pada globe velve diputar secara manual maka disk dapat bergerak naik turun akibat pergerakan dari steam. Nantinya ini yang menyebabkan aliran dalam pipa dapat diatur sesuai kebutuhan.

Ketika laju aliran ingin ditingkatkan dalam kondisi maksimal, maka disc harus diangkat secara penuh terlebih dahulu. Sebaliknya apabila aliran dalam pipa ingin dikurangi lajunya, maka disc diturunkan sesuai dengan proporsi yang diinginkan.

Pergerakan dari disc ini yang sebenarnya berpengaruh pada laju aliran di dalam pipa. Sedangkan komponen yang digunakan untuk mengatur pergerakan disc adalah handweel yang terhubung dengan steam di bagian dalam velve.

Itulah beberapa hal mengenai globe velve, mulai dari penjelasannya secara umum, bagian-bagiannya sampai dengan cara kerja dari katup jenis ini. Menggunakan katup jenis ini dinilai banyak memberikan keuntungan. Salah satunya adalah dari kemudahan pemasangannya serta masih bayak lagi.

 

Dapatkan harga globe valve terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *