Mengenal Bahan Epoxy untuk Injeksi Beton

Aktivitas injeksi beton adalah upaya untuk memperbaiki struktur beton yang mengalami keretakan dan kerusakan yang berisiko fatal bagi beton itu sendiri. Bayangkan jika beton tiba-tiba runtuh karena keretakannya tidak segera diperbaiki. Pasti akan banyak menimbulkan korban. Oleh karenanya, dibutuhkan proses injeksi untuk memasukkan material tertentu pada beton agar kembali sempurna. Salah satu yang sering digunakan untuk memperbaiki beton adalah lapisan epoxy. Buat kamu yang akan menggunakan epoxy untuk menginjeksi struktur beton, kenali dulu beberapa karakteristik pada bahan ini.

3 Karakteristik Epoxy untuk Injeksi Beton

Bahan Epoxy untuk Injeksi Beton

Ada beberapa bahan atau material injeksi beton yang biasanya ditawarkan oleh pihak kontraktor. Jika keretakan pada beton cenderung tidak terlalu besar dan tidak mengeluarkan air, maka bahan epoxy akan direkomendasikan untuk digunakan. Mengapa demikian? Karena epoxy akan efektif berfungsi apabila keretakannya tidak lebih dari 55 mm. Ada 3 karakteristik unik yang dimiliki oleh epoxy saat digunakan untuk menginjeksi beton. Simak penjelasan berikut ini!

1. Tidak Mudah Menyusut

Epoxy mempunya ciri khas tidak mudah menyusut. Itu artinya, bahan ini sangat kuat untuk menutupi rongga, lubang, atau keretakan yang terdapat di dalam struktur beton. Bagaimanapun kondisi kerusakan beton bisa dipulihkan kembali dengan epoxy ini. Tapi ingat, epoxy hanya bisa dimanfaatkan di keretakan yang tidak mengeluarkan air.

2. Viskositas yang Rendah

Istilah yang lebih populer untuk menggantikan kata viskositas adalah ketebalan. Epoxy mempunyai ketebalan yang rendah. Hasil dari injeksi beton jenis ini memang tidak terlalu tebal sehingga dapat merasuki sisi-sisi dalam dari keretakan beton. Inilah kelebihannya, bahan ini lebih detail memperbaiki bagian-bagian beton yang rusak.

3. Kekuatan Tinggi

Para ahli mengungkapkan bahwa bahan epoxy untuk injeksi ke beton bahkan lebih kuat daripada beton itu sendiri. Material ini mempunya daya tekan 620 kg/cm2 di umur 10 hari dan 640 kg/cm2 saat beton berusia 28 hari. Jadi, jangan ragu lagi untuk menggunakan epoxy karena bahan ini dijamin efektif menyempurnakan beton yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *