Atasi Retakan Lantai Dak Pada Gedung Bertingkat Dengan Metode Epoxy Lantai

Tidak dipungkiri lagi jika dewasa ini sudah banyak ditemukan gedung-gedung bertingkat serta gedung pencakar langit di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, ataupun kota-kota besar lainnya. Hal ini sebenarnya dilakukan mengingat lahan di kota besar yang kian menyempit ditambah mahalnya harga tanah menyebabkan pembangunan gedung dibuat bertingkat-tingkat. Mulai dari yang tingkat 2 hingga yang bertingkat hingga puluhan gedung. Hal ini tentunya sangat efisien dan pemilik tidak harus menambah luas tanah lagi untuk pembangunannya.

Membuat gedung bertingkat bukan tanpa resiko, ada banyak sekali resiko yang harus diperhitungkan matang-matang sebelum proses pembangunan dimulai. Salah sedikit saja perhitungannya pastinya dapat berakibat fatal bagi gedung tersebut. Resiko yang sering kali ditemui hampir disetiap gedung bertingkat adalah retakan. Retakan tersebut bisa jadi dikarenakan faktor alam maupun karena kontruksi bangunan yang kurang sempurna. Untuk mencegah hal tersebut terjadi ada bberapa hal yang dapat dilakukan mulai dari pondasi gedung yang harus super kuat serta lantai gedung yang berupa cor dak haruslah kuat serta padat.

Mengatasi Retakan Lantai Dak Dengan Epoxy Lantai

Lantai Dak Dengan Epoxy Lantai

Masalah retakan pada lantai dak gedung bertingkat tidak boleh dianggap masalah yang ringan. Hal ini dikarenakan dak menjadi tumpuan utama dari bangunan tersebut, jadi apabila retakan tersebut dibiarkan dan tidak segera diatasi bukan tidak mungkin retakan tersebut akan semakin melebar kemana-mana yang akhirya dapat berakibat fatal.

Seperti yang telah disebutkan ada beberapa cara untuk mencegah retakan pada dinding amupun pada lantai sebuah gedung dengan cara pemadatan lantainya. Pemadatan lantai yang terbuat dari beton cor atau sering disebut dak ada dua macam yaitu menggunakan sistem floor hardener atau bisa juga dengan metode epoxy lantai.

Berbeda dengan floor hardener yang biasa dikerjakan ketika lantai dak masih dalam keadaan basah atau baru saja dibuat. Lantai epoxy pada sebuah dak dilakukan ketika beton cor tersebut sudah dalam keadaan kering, yaitu dengan cara mencampurkan serbuk khusus floor hardener yang ditambah dengan cairan khusus epoxy  yang kemudian diratakan diseluruh permukaan lantai dak tersebut. cairan epoxy akan mengubah serbuk floor hardener menjadi lebih padat sehingga serbuk yang merasuk ke dalam celah-celah beton tersebut nantinya akan menyatu dengan dak sehingga membuat dak menjadi lebih padat dan kuat.

Selain menjadi sangat padat lantai epoxy juga akan menjadi kedap air, dimana air yang merembes biasa menyebabkan berbagai masalah pada beton dak dan mengubahnya menjadi cepat lapuk. Air yang biasa merembes melalui celah-celah dak tidak akan bisa lagi karena celah-celah dari dak tersebut sudah dipenuhi oleh serbuk floor hardener yang telah mengeras dan menyatu bersama beton sehingga tidak memungkinkan lagi jalan rembesa bagi air tersebut.

Epoxy juga akan membuat lantai menjadi makin cantik. Hal ini dikarenakan bahan yang dipergunakan itu hampir menyerupai bahan pada lem ataupun cat, sehingga permukaan yang dilapisi tersebut akan berubah menjadi sangat mengkilat layaknya sebuah kaca pada lantai. Ditambah dengan berbagai macam variasi waran dan juga model yang beragam bukan hanya membuat lantai gedung menjadi kuat namun juga sangat cantik. Tidak heran jika saat ini hampir sebagian besar gedung bertingkat menggunakan metode ini untuk memperkuat lantai dak dan juga sebagai desain interior ruangan.

Saat ini sudah banyak jasa epoxy lantai yang siap membantu Anda menyelesaikan berbagai masalah keretakan pada gedung bertingkat ataupun pada rumah Anda. jika Anda bingung kemana harus mencarinya Anda cukup mencari di internet saja, karena saat ini jasa tersebut juga sudah banyak yang memasang iklan pada internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *