7 Alat Wajib Bagi Para Tukang Listrik

Setiap pekerjaan pastinya memiliki syarat dan ketentuan sendiri-sendiri. Setiap pekerjaan memiliki alat khusus yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pengerjaan. Hal yang sama juga terjadi ketika terdapat pekerjaan instalasi listrik. Pekerjaan ini tentunya juga membutuhkan alat-alat khusus.

Alat – Alat Khusus Untuk Para Tukan Listrik

Berikut ini beberapa alat yang dapat membantu pekerjaan para tukang listrik.

Testpen

Testpen

Benda pertama yang wajib dimiliki tukang listrik adalah testpen. Benda ini biasanya berbentuk seperti obeng. Testpen ini digunakan untuk mengecek aliran listrik. Jadi sebelum melakukan perbaikan atau pengerjaan, para tukang ini akan mengecek aliran listrik. Aliran listrik ini dicek dengan menempelkan testpen pada kabel atau semacamnya.

Testpen akan menyala jika ada aliran listrik dan tidak akan menyala jika tidak ada aliran listrik. Hal ini memudahkan para tukang untuk melindungi diri dari bahaya tersetrum. Selain mengecek aliran listrik, testpen ini juga dapat digunakan untuk memutar skrup. Bentuknya yang seperti obeng memungkinkan testpen digunakan untuk melepas skrup.

Obeng

Bekerja memperbaiki instalasi listrik sebuah rumah tentu saja membutuhkan obeng. Pada saat pemasangan alat listrik, para tukang tentunya butuh sebuah alat bernama obeng. Obeng akan digunakan untuk membuka benda atau baran. Sekrup akan dilepaskan dengan bantuan obeng. Oleh karena itu obeng ini wajib ada ketika pengerjaan listrik pada sebuah bangunan.

Kunci Inggris

Kunci inggris biasanya dimanfaatkan untuk keperluan bungkar mesin. Kunci inggris lebih banyak digunakan pada bengkel. Tapi siapa sangka jika kunci inggris ternyata juga sangat bermanfaat bagi para tukang listrik. Kunci inggris ini biasa digunakan untuk melepas baut. Kunci inggris yang digunakan para tukang listrik tentu saja berbeda dengan kunci inggris di bengkel.

Kunci inggris yang digunakan untuk pekerjaan listrik biasanya dilengkapi dengan karet. Bagian gagang yang dijadikan pegangan dilengkapi dengan karet. Karet ini menjadi bahan isolator yang mampu mencegah tersetrum.

Isolasi

Isolasi

Isolasi memiliki bentuk dan jenis yang beragam. Hampir semua jenis isolasi dapa digunakan dalam kegiatan pekerjaan kelistrikan. Isolasi ini digunakan untuk menutup sabungan atau kabel dalam yang membahayakan. Apabila tidak ditutup menggunakan isolasi ditakutkan akan membahayakan anak-anak dan orang sekitar.

Cutter Atau Gunting

Alat berikutnya yang wajib ada itu gunting ataupun cutter. Kedua benda ini dapat digunakan untuk memotong kabel ataupun membelah kabel menjadi dua bagian. Pada saat pemasangan, biasanya para tukang akan membuka pembalut kabel. Nah karet yang digunakan untuk membalut kabeh dapat dibelah dengan bantuan cutter.

Selain membelah kabel, cutter juga bisa digunakan untuk memotong benda lain. Cutter dapat digunakan untuk memotong isolasi atau sebagainya. Yang jelas kedua alat ini digunakan untuk merapikan dan memotong-motong. Pada bagian pegangan cutter, biasanya akan dilengkapi dengan karet isolator.

Tas Pinggang

Pekerjaan instalasi listrik pastinya membutuhkan beberapa perlengkapan. Perlengkapan ini dapat ditaruh di tas pinggang. Inilah manfaat dari tas pinggang. Seandainya lupa membawa tas pinggang, maka pekerjaan jadi terasa sulit. Kita harus bolak-balik mengambil alat dan saling bergantian.

Apabila terjadi hal demikian maka pekerjaan menjadi semakin lama. Pekerjaan tidak dapat berlangsung cepat karena perlu mengambil beberapa peralatan. Beberapa alat tersebut wajib dimiliki para tukang listrik. Kalau tidak memiliki maka dipertanyakan mengenai niat bekerja sebagai tukang listrik. Demikian ulasan mengenai alat-alat yang dapat digunakan untuk kegiatan kerja listrik. Semoga dapat memberikan tambahan informasi sekaligus masukan bagi sesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *