5 Tips Merawat Karpet Tile agar Tahan Lama

Pemakaian Karpet Tile

Karpet tile adalah jenis karpet yang saat ini banyak diminati. Jenis karpet ini dinilai memiliki banyak kelebihan sehingga semakin banyak dipakai di masyarakat. Jenis karpet seperti ini terutama banyak dipakai di tempat-tempat umum seperti hotel, kantor, rumah sakit, dan lain sebagainya. Sebelum mengenal lebih jauh tentang karpet ini, mari kita kenali dulu apa kelebihannya.

Karpet jenis tile memiliki kelebihan mudah untuk dibersihkan. Jadi, karpet ini tersusun dari potongan-potongan karpet sehingga jika ada bagian yang kotor atau basah bisa langsung diambil dan dibersihkan bagian itu saja tanpa harus mengambil keseluruhan karpet. Selain itu, jika ada potongan karpet yang rusak Anda juga tinggal mengambilnya dan mengganti dengan potongan karpet yang baru.

Karpet jenis tile juga sangat awet untuk dipakai. Bahkan karpet ini bisa bertahan sampai 17 tahun. Mungkin karena karpet ini mudah diganti dan dibersihkan jadi bisa dipakai untuk jangka waktu yang sangat lama sampai belasan tahun. Jadi, jika Anda membutuhkan karpet yang praktis perawatannya dan tahan lama, karpet jenis tile ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Tips Perawatan

Lalu bagaimana cara perawatan karpet tile yang baik dan benar? Agar bisa bertahan lama, tentu karpet ini harus dirawat dengan baik. Apalagi kalau karpet ini digunakan di tempat umum yang dilalui oleh banyak orang setiap hari. Tentu karpet harus dirawat dengan baik agar tidak mudah kusam dan tetap awet.

 

Berikut adalah beberapa tips merawat karpet jenis tile yang bisa Anda lakukan:

1. Bersihkan Karpet dengan Penyedot Debu

Bersihkan karpet dengan memakai vacum cleaner atau penyedot debu. Debu sangat mudah menempel di karpet. Jika tidak dibersihkan maka debu bisa membuat warna karpet berubah dan secara estetik juga tidak terlihat bagus. Oleh karena itu, silakan bersihkan karpet Anda dengan menggunakan penyedot debu. Gunakan vacuum cleaner yang berkualitas bagus demi menjaga kualitas karpet.

 

2. Cuci Karpet saat Dibutuhkan

Jika kondisi karpet sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan memakai penyedot debut, maka Anda harus segera mencucinya. Cucilah karpet dengan menggunakan air dan sabun seperti mencuci pakaian. Karena ini jenis karpet yang berupa potongan, maka mudah saja mencucinya karena Anda tinggal mencuci potongan karpet yang kotor tanpa harus mencuci semua bagian karpet.

 

3. Ganti Karpet yang Rusak

Jika Anda menemukan bagian atau potongan karpet yang rusak, maka segera ganti potongan tersebut dengan potongan karpet yang baru. Dengan begitu, maka karpet Anda akan selalu terlihat bagus dan terjaga penampilannya. Inilah salah satu keuntungan memakai karpet jenis tile, Anda tak perlu mengganti karpet secara keseluruhan kalau ada bagian kecil yang rusak.

 

4. Hindari Pemakaian Pemutih

Sangat tidak dianjurkan untuk memakai pemutih ketika Anda membersihkan atau mencuci karpet. Pastikan bahwa karpet dicuci dengan cairan yang aman dan tidak merusak kualitas karpet itu sendiri. Pemutih mungkin bisa menghilangkan noda membandel pada karpet namun juga bisa membuat warna karpet memudar dan malah merusak kualitas karpet Anda.

 

Itulah tadi beberapa tips perawatan karpet jenis tile yang bisa Anda lakukan. Kunci utamanya adalah terletak pada perawatan kebersihan. Jika Anda merawat dan menjaga karpet selalu dalam keadaan bersih maka karpet pasti bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama dengan kondisi dan kualitas yang masih bagus.

Bagi Anda yang tertarik menggunakan karpet jenis tile, Anda bisa membeli karpet tile murah di toko-toko online. Selain karpet jenis tile ini, Anda juga bisa menggunakan karpet roll sebagai alternatif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *