5 Hal Penting Wajib Diperhatikan Saat Memasang Lantai Kaca 

Penggunaan kaca tempered untuk lantai sebuah ruangan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikannya dipertimbangkan banyak orang. Dulunya material kaca hanya dikenal sebagai bahan untuk jendela maupun pintu. Namun seiring berjalannya waktu penggunaan material ini menjadi lebih kompleks, bisa dijadikan partisi, dinding, bahkan lantai.

Hal penting dalam pemasangan lantai kaca

 

Hal penting dalam pemasangan lantai kaca 

Meski menjadi inovasi sekaligus menjadikan ruangan lebih elegan dan cantik, pemasangan lantai kaca ternyata tak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak hal penting yang musti diperhatikan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut hal-hal penting tersebut:

1.    Sebaiknya dikerjakan jasa profesional

Material kaca memiliki karakter yang berbeda jauh dengan material lantai konvensional, baik keramik maupun marmer. Jika retak atau pecah maka akan menjadi sumber bahaya bagi penghuni rumah. Sehingga pemasangannya cukup sulit dan dibutuhkan ketelitian dalam menentukan proses pemasangan, pemotongan, sampai finishing. Oleh sebab itu dianjurkan sekali untuk dikerjakan oleh jasa profesional, supaya terjamin aman dan hasilnya sempurna.

2.    Pemilihan jenis kaca sebaiknya yang tepat

Hal penting berikutnya adalah mengenai jenis kaca yang digunakan karena memang tidak bisa sembarang kaca. Jenis kaca untuk kebutuhan lantai berbeda dengan jenis kaca untuk kebutuhan jendela ataupun komponen bangunan lainnya. Umumnya untuk lantai menggunakan kaca jenis laminated glasses atau memakai jenis glass block. Kedua jenis kaca ini didesain tetap aman meski retak sehingga cocok dijadikan sebagai lantai ruangan.

3.    Pastikan material kacanya kokoh

Bagian lantai dalam sebuah ruangan nantinya akan menjadi penumpu beban benda-benda di dalam ruangan tersebut. Termasuk beban berat badan dari penghuni rumah, sehingga penting untuk memilih kaca yang kokoh dengan ketebalan yang pas. Silahkan melakukan survei dulu untuk mengetahui harga kaca tempered 8mm terpasang maupun kaca dengan ketebalan lainnya.

Jika tebalnya pas dan memang jenisnya didesain untuk dijadikan lantai, maka dijamin aman untuk dipilih. Apabila masih belum paham betul bagaimana memilih material kaca untuk kebutuhan lantai. Maka tidak ada salahnya untuk bertanya dan berkonsultasi dulu dengan karyawan toko yang melayani Anda, sehingga bisa meminimalisir kemungkinan salah beli kaca.

4.    Penentuan rangka lantai

Kesempurnaan lantai kaca agar tidak mudah retak dan aman ketika sudah terpasang juga ditentukan oleh rangka lantainya. Sangat dianjurkan untuk mempergunakan material rangka yang kuat, yakni dari material logam baik itu besi ataupun stainless steel. Struktur rangka lantai kaca pun sebaiknya diberi karet untuk meredam getaran sehingga lantai kaca tempered tidak mudah retak.

5.    Mencegah permukaan lantai licin

 

Lantai dari material kaca juga cenderung lebih licin jika terkena air dibandingkan dengan lantai konvensional. Mengakali kekurangan lantai kaca tersebut bisa dengan mengaplikasikan antislip. Misalnya saja memberi lapisan berupa selotip khusus dengan permukaan yang kasar. Jika diaplikasikan ke permukaan lantai kaca maka akan membantu mencegahnya licin ketika basah. Sehingga tetap aman dan tidak memicu siapa saja yang lewat untuk tergelincir dan jatuh.

Memilih kaca sebagai lantai adalah pilihan tepat untuk menjadikan ruangan lebih cantik dan elegan. Berhubung material ini rentan rusak dan berbahaya, maka pemasangannya tidak bisa asal-asalan. Pemasangan kaca tempered untuk lantai ruangan ini sebaiknya memperhatikan hal-hal penting di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *